Cara Mengamankan Akun WhatsApp dari Hacker

Cara Mengamankan Akun WhatsApp dari Hacker

Pastinya Anda sudah menggunakan aplikasi whatsapp bukan? Ya, WhatsApp adalah aplikasi chat terpopuler dengan miliaran pengguna di seluruh dunia. Namun, popularitasnya juga membuatnya menjadi sasaran para hacker yang ingin mencuri data, uang, atau identitas Anda. Oleh karena itu, Anda perlu melindungi akun WhatsApp Anda. Dikesempatan kali ini saya akan membagikan cara mengamankan akun whatsapp dari hacker agar tetap aman.

Mau tau apa saja itu? Maka mari simak informasinya dibawah ini:

Cara Mengamankan Akun WhatsApp dari Hacker

Aktifkan verifikasi dua langkah : Verifikasi dua langkah adalah fitur yang meminta Anda untuk memasukkan PIN enam digit yang Anda buat sendiri setiap kali Anda mendaftarkan nomor telepon Anda di WhatsApp. Fitur ini akan mencegah hacker mengakses akun Anda tanpa mengetahui PIN Anda. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka menu pengaturan, pilih akun, dan pilih verifikasi dua langkah. Kemudian, ikuti petunjuk untuk membuat PIN dan alamat email pemulihan.

Cadangkan chat Anda secara terenkripsi end-to-end : Cadangan chat adalah fitur yang memungkinkan Anda menyimpan riwayat percakapan Anda di Google Drive atau iCloud. Fitur ini berguna jika Anda ingin memindahkan atau mengembalikan data Anda di ponsel baru. Namun, cadangan chat Anda tidak terenkripsi secara end-to-end, yang berarti bisa dibaca oleh pihak ketiga seperti Google, Apple, atau hacker. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengaktifkan cadangan chat yang terenkripsi end-to-end, yang akan melindungi data Anda dengan kata sandi atau kunci yang hanya Anda yang tahu. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka menu pengaturan, pilih chat, pilih cadangan chat, dan pilih cadangan terenkripsi end-to-end. Kemudian, ikuti petunjuk untuk membuat kata sandi atau kunci.

Jangan berbagi kode OTP atau PIN verifikasi dua langkah kepada siapa pun : Kode OTP (One Time Password) adalah kode enam digit yang dikirim oleh WhatsApp ke nomor telepon Anda saat Anda pertama kali menginstal atau mengganti ponsel. Kode ini dibutuhkan untuk mengaktifkan akun Anda di ponsel baru. Jika Anda menerima pesan atau panggilan telepon yang meminta kode OTP atau PIN Anda, jangan berikan kepada siapa pun, karena itu bisa jadi adalah modus penipuan atau peretasan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa meningkatkan keamanan akun WhatsApp Anda dari ancaman hacker. Selain itu, Anda juga perlu waspada dan kritis jika ada kejanggalan atau permintaan yang mencurigakan di akun WhatsApp Anda. Jika Anda merasa akun Anda telah diretas, segera laporkan ke WhatsApp dan ganti nomor telepon dan kata sandi Anda.

Demikian artikel yang bisa saya berikan kepada kalian, semoga dengan apa yang saya berikan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Sekian dan Terima Kasih