Peran dan Fungsi Hero dalam Game MOBA

Peran dan Fungsi Hero dalam Game MOBA

Peran dan Fungsi Hero dalam Game MOBA – Game MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena adalah genre game yang menantang pemain untuk bekerja sama dengan timnya untuk menghancurkan markas lawan. Dalam game MOBA, pemain dapat memilih hero yang memiliki kemampuan dan gaya bermain yang berbeda-beda. Hero-hero ini biasanya dibagi menjadi beberapa role atau peran, yang masing-masing memiliki tugas dan tanggung jawab tertentu dalam tim.

Peran dan Fungsi Hero dalam Game MOBA

Role atau peran hero dalam game MOBA umumnya terdiri dari:

Jungler: Hero yang bertugas mengambil objektif dan mengamankan wilayah hutan. Jungler biasanya memiliki damage yang tinggi dan mobilitas yang baik, sehingga dapat membantu timnya dengan melakukan ganking atau menyerang musuh di lane lain. Jungler juga harus memperhatikan posisi dan gerakan musuh, serta mengambil Turtle atau Lord yang dapat memberikan keuntungan bagi timnya. Contoh hero jungler adalah Granger, Ling, Claude, X-Borg, dan Yu Sun Shin.

Gold Laner: Hero yang berada di lane bawah dan mendapat prioritas gold dari turret. Gold laner biasanya adalah Marksman yang memiliki damage jarak jauh dan bergantung pada item untuk menjadi kuat. Gold laner harus melakukan farming di early game untuk mendapatkan gold sebanyak mungkin, serta menjaga turretnya dari serangan musuh. Gold laner juga harus berhati-hati dari ganking musuh dan memanfaatkan peluang untuk menyerang musuh di lane lain. Contoh hero gold laner adalah Brody, Wanwan, Karrie, Bruno, dan Miya.

Support: Hero yang bertugas melindungi dan mendukung hero lain, terutama hero core seperti Marksman, Mage, atau Jungler. Support biasanya memiliki skill yang dapat memberikan heal, shield, buff, atau crowd control (CC) kepada timnya, seperti stun, slow, atau taunt. Support juga harus membuka peta dan memberikan informasi tentang posisi musuh, serta melihat situasi pertandingan dan membantu rekan tim yang kesulitan. Contoh hero support adalah Angela, Estes, Diggie, Kaja, Tigreal, dan Uranus.

XP Laner: Hero yang berada di lane atas dan mendapat prioritas experience dari turret. XP laner biasanya adalah Fighter yang memiliki damage dekat dan tahan banting. XP laner harus mengganggu dan menghabisi musuh di lane-nya, serta menghancurkan turret musuh. XP laner juga harus siap untuk bergabung dengan timnya dalam pertempuran atau mengambil objektif. Contoh hero XP laner adalah Chou, Thamuz, Ruby, Leomord, dan Aldous.

Mid Laner: Hero yang berada di lane tengah dan memiliki peran penting dalam mengontrol peta. Mid laner biasanya adalah Mage yang memiliki damage area dan burst. Mid laner harus meng-clear minion dengan cepat, serta membantu jungler dalam mengambil buff atau crab. Mid laner juga harus aktif dalam melakukan ganking atau roaming ke lane lain, serta memberikan damage besar dalam team fight. Contoh hero mid laner adalah Kagura, Lunox, Pharsa, Chang’e, dan Harith.